Cara membuat esai


selamat malam selasa buat para siswa-siswi SMANCIR semua, apa kabarnya ? pasti bae semua kan ?

berhubung besok UJIAN PRAKTEK para siswa kelas XII termasuk mimin, dan besok jadwalnya b.indo, dan perakteknya disuruh buat esai, jadi mimin disini mau share tentang cara membuat esai dengan mudah, yok simak yo !

langkah pertama : memilih topik
yoi, memilih topik memang adalah hal paling utama kalo kita pengen buat wacana, termasuk esai.
jadi kalau mau bikin tulisan kita harus tau dulu apa itu topik. Topik adalah suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel. 

langkah selanjutnya : Buat outline

Buatlah sketsa atau outline sebelum menulis apa yang ada di pikiranmu. Jelaskan secara mendetail tentang paragraf yang akan dibuat, serta buatlah poin-poin penting yang ada dalam paragraf tersebut. Setelah itu, keluarkan argumentum itu ke dalam paragraph yang tersusun rapih serta kalimat yang baku. Karena pada dasarnya, esai tidak memuat kalimat yang ambigu.
langkah ketiga : Introduction

langkah ketiga adalah pengenalan. pengenalan apa min ? kenalan ama cewek ? atau taaruf ? ya tentu tidak, pengenalan yang dimaksud disini adalah mengenalkan tulisan kepada sang pembaca,sehingga dapat memikat perhatian orang atau para pembaca. Hal ini tidak mudah, karena kita harus berusaha membuat orang membaca. Sejatinya tidak semua orang suka membaca dan banyak orang yang hanya suka mengkeritik tanpa memberikan solusi yang pasti. 
Langkah ke 4  : membuat gagasan utama sesuai topik setiap paragraf
dari judul langkah ke 4 ini sudah jelas, bahawa kita membuat gagasan atau ide pokok paragraf yang merujuk pada topik, kenapa harus sesuai topik min ? la iya pasti harus sesuai, misa kita buat topik bencana alam, eh ide pokok paragraf ke 3 malah tentang hal lain, kan ga cocok dan bakal membingungkan para pembacanya.

Langkah ke V : penutup

Jangan kita kira bahwa penutup pada sebuah esai yang kita buat tidak penting. Biasanya, bagus atau tidak sebuah esai bisa juga dilihat dari penutupnya. Karena, pada umumnya penutup dari sebuah esai adalah kesimpulan yang sobat buat untuk menyakinkan pembaca bahwa apa yang sobat buat adalah benar halnya, dan telah melakukan penelitian serta didukung dengan pendapat para ahli. nah serius di bagian inilah mimin merasa kebingungan buat menarik kesimpulan. SO jangan anggap remeh kesimpulan.


nah dari lalngkah - langkah diatas bisa kebayang cara buat esai yang baik, apa lagi besok bakal dipake buat ujian praktek.

segitu aja deh postingan dari Mimin yg ganteng ini, semoga bermanfaat yo

assalamu alaikum 

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot